Tutorial PHP Pemula #2 : Belajar Variabel Di PHP

Tutorial PHP Pemula Part 2 : Belajar Variabel Di PHP – Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini ki

Tutorial PHP Pemula #2 : Belajar Variabel Di PHP

Tutorial PHP Pemula Part 2 : Belajar Variabel Di PHP

Tutorial PHP Pemula Part 2 : Belajar Variabel Di PHP – Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan masih mempelajari tentang pengenalan-pengenalan dari bahasa pemrograman PHP.  Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar tentang sejarah dan penulisan syntaxnya, sekarang kita akan belajar Variabel di PHP.

Pengertian Variabel

Dalam pemrograman, variabel adalah suatu lokasi penyimpanan (di dalam memori komputer) yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya tidak diketahui maupun telah diketahui (wikipedia). Dalam definisi bebasnya, variabel adalah kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu. www.duniailkom.com

nilai atau isi dari pada variabel sendiri bisa di update atau di ubah yang akan kita praktekkan di dalam tutorial belajar php mengenal variabel di php ini. variabel memiliki nama nya masing-masing dengan tujuan untuk memudahkan programmer untuk menandai masing-masing variabel tersebut. dan memudahkan untuk pemanggilan variabel nya tersebut.

Cara Menulis Variabel Di PHP

Perlu kamu ketahui teman-teman bahwa penulisan variable itu mempunyai aturan loh, berikut adalah Aturan cara penulisan variabel di php dalam beberapa point.

  •  Variabel apapun yang dideklarasikan di PHP harus diawali dengan tanda dollar ($) lalu diikuti nama variabel yang diinginkan.
  • Variabel meliputi nama yang panjang (contoh : $nama_saya) maupun pendek ($nm_sy)
  •  Suatu variabel hanya boleh mengandung alphanumeric dan underscore (A-Z, 0-9, dan “_”) saja pada namanya.
  • Nama variabel dalam PHP harus diawali huruf bukan angka.
  • Variabel di PHP bersifat Case-Sensitive, contoh : $NAMA dengan $nama merupakan 2 variabel yang berbeda.
  • Nama variabel diletakan sebelum tanda Sama dengan (=), dan value atau nilainya diletakan setelah tanda sama dengan (=).

penulisan variabel di php harus di awali dengan tanda dolar $ dan kemudian kamu lanjutkan dengan nama dari variabel nya. Sebagai contoh :


<?php

  $nama_saya;

?>

Coba kamu lihat pada contoh yang diatas, itu merupakan contoh pengisian data atau informasi ke dalam variable. Berarti yang contoh atas variabel tersebut adalah variabel nama_saya

Pada contoh kedua dijelaskan bahwa variabel di php memiliki sifat case sensitive berarti penulisan variabel php sangat peka terhadap huruf besar dan kecil. misalnya anda membuat variabe $namaSaya, maka untuk memanggil variabel tersebut harus sesuai case sensitive nya seperti $namaSaya.

Nah sekarang kita akan mengisi suatu nilai atau informasi yang ingin di simpan kedalam variabel php bisa menggunakan tanda sama dengan ” = “. Sebagai contoh:


<?php

$nama_saya = "budi";

$umur = 18;

?>

Sekali lagi perlu kamu perhatikan pengisian data atau informasi ke dalam variabel PHP. perlu di perhatikan bahwa untuk mengisi data yang berupa string maka data harus di apit dengan petik ganda atau petik satu. tetapi jika nilai dari variabel tersebut berupa angka maka tidak perlu menggunakan tanda petik.

Oke sekarang kita praktek menggunakan perintah “echo” Namun sebelum itu kamu harus membuat file baru dengan nama belajarphp.php dan simpan pada localhost (C://XAMPP/htdocs/).


<?php

$nama_saya  = "budi";

$umur = 18;

echo $nama;

echo "<br/>";

echo $umur;

echo "<br/>";

echo "hai, perkenalkan nama saya ".$nama." dan saya berumur ".$umur;

?>

 kemudian akses di browser dengan alamat http://localhost/belajarphp.php. dan jangan lupa mengaktifkan apache terlebih dahulu.

Tutorial PHP Pemula #2 : Belajar Variabel Di PHP


Perhatikan pada contoh syntax di atas. tanda titik(.) digunakan untuk memisahkan string dan variabel. dan syntax adalah syntax break pada HTML.

Mengupdate isi variable

Variabel pada php juga bisa di update isinya. perhatikan contoh berikut:


<?php

$alamat_saya = "medan";

$alamat_saya = "palembang";

echo $alamat_saya;

?>

Save terus refresh halamanya dan hasilnya akan muncul palembang.

Tutorial PHP Pemula #2 : Belajar Variabel Di PHP

Pada contoh update isi variabel di atas dapat di lihat bahwa pertama isi dari variabel alamat adalah medan. Kemudian kita buat lagi variabel dengan isi yang berbeda, yaitu mengubah isi variabel menjadi palembang. maka hasilnya isi variabel alamat menjadi palembang.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat tentang variable di PHP sebenarnya banyak lagi namun ini hanya singkat dan next tutorial kita akan mempelajari tipe data nya.

Penutupan



Mungkin sekian lah Tutorial PHP Pemula #2 : Belajar Variabel Di PHP.Semoga Tutorial Ini dapat membantu anda dalam segala keperluan anda masing-masing.
Support Website belajarwithib.my.id dengan donasi ke : klik disini .