Tutorial PHP Pemula #9 : Apa itu Include dan Require Pada PHP

Fungsi PHP include dan require merupakan fungsi yang digunakan untuk menyertakan file php lain ke dalam suatu program PHP. Hal sangat membantu proses

 

Tutorial PHP Pemula Part 9 : Apa itu Include dan Require Pada PHP

Tutorial PHP Pemula Part 9 : Apa itu Include dan Require Pada PHP

Tutorial PHP Pemula Part 9 : Apa itu Include dan Require Pada PHP – Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan masih mempelajari PHP Dasar, Sekarang kita akan belajar dan mengetahui apa sih itu Include dan Require pada PHP.

Saya sedikit cerita dahulu… saya ngetik ini artikel karena pengamalan saya membantu teman saya yang masih belajar PHP dan dia selalu keliru bagaimana cara penggunaan include atau require dan kapan saja fungsi itu akan digunakan…walaupun saya sudah menjelaskannya berulang kali dia tetap saja bingung wkwkwk…tapi baguslah dia ada niatan untuk belajar dan saya juga senang mengajari dia sekalian mengingat materi dasar yakan… mana tau teman teman sekalian juga sama seperti teman saya jadi saya buat artikel ini (Buset panjang banget cerita nya :D ) , Oke lanjut.

Apa itu Include dan Require ?

Fungsi PHP include dan require merupakan fungsi yang digunakan untuk menyertakan file php lain ke dalam suatu program PHP. Hal sangat membantu proses pemrograman karena tidak perlu menulis program PHP secara berulang-ulang, cukup dalam satu file saja.

Sebagai contoh ya teman teman saya biasanya kalau membuat website dibagian front-end salah satunya , saya biasanya melain-lainkan mana khusus untuk header , Isi konten dan Footernya jadi saya ketika ingin menambahkan konten saya hanya memanggil header dan footernya saja menggunakan fungsi Include() pada bagian konten karena itu akan mempermudah pekerjaan kita dan untuk menghindari penulisan code secara berulang.

Bagaimana Cara Penulisan Include() dan Require() ?

Cara Penulisannya sangat lah mudah tidak membutuhkan tenaga yang banyak, Untuk penulisan Include() seperti dibawah contohnya :


include('header.php');

dan untuk penulisan required() seperti dibawah contoh penulisannya :


require('header.php');

mudah tidak teman-teman ? contoh di atas digunakan jika file yang ingin di sisipkan terletak pada satu folder atau satu direktori. bagaimana jika file yang ingin di sisipkan terletak di luar folder. maka bisa menambahkan “../”. contohnya:


require('../header.php');

begitu juga berlaku dengan include()

dan jika file yang ingin di sisipkan terletak pada folder lain bisa menambahkan nama folder tersebut.


include('namafolder/header.php');

mana tau yakan file yang kamu simpan berada diluar direktori dan kalian menyimpannya didalam folder maka cara seperti diatas sangat disarankan tapi ingat jangan sampai salah penulisan nama file dan foldernya ya.

Contoh Penggunaan Include Dan Require

Untuk contoh penggunaan dari fungsi include dan require pada PHP sangatlah mudah teman teman dan perhatikanlah code dibawah ini :


<?php

include 'cobaheader.php';

require 'cobafooter.php';

echo "Ini adalah isi konten"

?>

Dan saya jalankan maka hasilnya akan seperti dibawah :

Tutorial PHP Pemula Part 9 : Apa itu Include dan Require Pada PHP

Saya membuat file cobaheader.php dan cobafooter.php  dan saya coba panggil kedua file tersebut didalam file belajarphp.php menggunakan fungsi include() dan require().

Perbedaan Include, include_once, require, dan require_once

Jadi berdasarkan penjelasan diatas maka perbedaan dari keempat statement tersebut adalah:

  • include dan require hampir sama yaitu kita dapat menyertakan file yang sama persis berulang kali, namun bedanya, pada require, jika file tidak ditemukan maka script akan berhenti dan muncul pesan Fatal error sedangkan pada include script dapat tetap berjalan.
  • kegunaan include_once dan require_once juga mirip, yaitu kita menyertakan file hanya sekali, namun bedanya pada require_once jika file tidak ditemukan maka script akan berhenti sedangkan pada include_once script tetap berjalan.
  • Penggunaan include_once() atau require_once() maka berarti penyisipan hanya di panggil sekali saja. walaupun di sisipkan beberapa kali didalam sebuah file maka dengan menggunakan fungsi include_once() atau require_once() penyisipan tetap di panggil sekali saja. beda dengan include() dan require() yang jika di sisipkan beberapa kali pada sebuah file maka akan menyebabkan error atau redeclare(deklarasi ganda).

untuk cara penulisan include_once() dan require_once() juga sama seperti penulisan include() dan require().


include_once('coba.php');

dan


require_once('coba.php');

Kapan menggunakan Include, include_once, require, dan require_once pada PHP

Pada intinya include digunakan untuk menyertakan file-file umum seperti file template, dll, sedangkan require digunakan untuk:

  • Menyertakan file penting yang tanpanya script kita tidak berjalan, seperti file yang berisi konfigurasi server, sekumpulan fungsi atau class.
  • Menghindari collision (bentrok) antar statement yang namanya sama, seperti pemanggilan fungsi atau class yang sama lebih dari sekali.

Kesimpulan

Mungkin sekianlah penjelasan Include dan Require semoga kebingungan kamu sudah terjawab ya, misalnya ada teman kamu yang belum tau, coba jelasin secara pelan-pelan biar gampang ngertinya wkwkwk.