Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Banner

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Tutorial Tips & Trik : Cara Mengatasi Error Ketika Ngoding

Sebelum saya bagi tipsnya ada baik nya ni kamu mengerti apa itu Error Code. “Error Code” adalah sebuah peristiwa kesalahan atau kekeliruan pada peranc

 

Tutorial Tips & Trik : Cara Mengatasi Error Ketika Ngoding


Tutorial Tips & Trik : Cara Mengatasi Error Ketika Ngoding

Tutorial Tips & Trik : Cara Mengatasi Error Ketika Ngoding - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming, kali ini saya iseng karena bingung mau buat atau ngetik artikel apa lagi hehehe jadi saya mau bagikan tips & trik mengatasi error ketika ngoding ya karena banyak sekali diforum atau teman saya ketika sudah berhadapan dengan error pasti nyerah gitu jadi saya buat lah artikel ini semoga bisa membantu kamu ya.

Jujur ya dulu itu pas SMP kelas 9, saya mulai berkenalan dengan dunia pemprograman karena saya pengen banget buat game wkwkw kalau dulu kan lagi populernya game PB atau CSGO jadi saya bingung bagaimana cara membuat game tersebut ditambah lagi ada saya mulai kenal dengan namanya "Phising", saya tau hal itu dikarenakan akun saya kena hack maklum saya masih gaptek, jadi saya searching lah cara membuat web phising nah disitulah saya mulai tau HTML, CSS, Atau Javascript namun saya tidak dalami dan saya lanjutkan belajar disaat SMK, saat itu saya disuruh membuat CRUD pada saat belajar PHP banyak sekali error yang saya hadapi namun karena Error tersebutlah saya jadi ketagihan untuk mendalami Ilmu Pemprograman.

Cara Mengatasi Error Ketika Ngoding

Apa itu Error?

Sebelum saya bagi tipsnya ada baik nya ni kamu mengerti apa itu Error Code. “Error Code” adalah sebuah peristiwa kesalahan atau kekeliruan pada perancangan sebuah program komputer yang dapat disebabkan oleh perangkat lunak atau dari si pembuatnya itu sendiri. Error code juga sering disebut dengan istilah “Bug” atau “Kutu“. Sumber www.masirwin.com 

Okelah sebelum anda membantingkan laptop atau hp kamu perkara error saja inilah dia tips untuk mengatasi error saat ngoding Versi Saya.

Baca Dengan Benar Pesan Kesalahannya

Itulah yang pertama teman teman ku sekalian, kenapa? ya karena setiap error kadang ada pesan error nya ntah itu salah sintaks nya atau salah logika atau bisa juga semantic error , jadi dengan adanya pesan error ini sangat membantu kita untuk mengatasinya misal nya saja ketika salah sintaksnya terus yang error itu di line 10 coba kamu perhatikan dari line 1 sampai 10 apa yang kurang, biasanya kalau diPHP kamu kurang titik koma atau tag penutup PHP karena sintaks error itu artinya kesalahan ketika salah menuliskan aturan penulisan.

Emang sih kadang ada yang error tapi ga ada pesan nya nah ini cara mengatasinya coba kamu lihat kembali apa yang kamu ketik biasanya kalau kamu ngetik sendiri atau tidak copy paste pasti cepat mengerti cara mengatasinya mungkin itu error karena kamu salah dalam Logika nya maksudnya  kesalahan yang muncul ketika menuliskan aturan, contohnya kamu membuat sebuah perulangan, namun memberikan nilai maksimal tanpa batas.

Santai Jangan Panik Atau Istirahat

Loh kok santai? santai aja bro mungkin Otak atau dirimu capek berpikir jadi santai dan istirahat ntah itu ngemil dulu, main game atau mencari udara segar jangan terlalu dipaksakan untuk berpikir yang ada ujung-ujungnya mangkin banyak errornya, Dulu saya pernah tu kepepet Deadline jadi saya paksakan berpikir ya ujung ujungnya mangkin banyak sekali errornya.

Setelah santaikan enak tuh pikiran jadi tenang, terus error yang dihadapi mungkin langsung bisa diselesaikan dengan kepala yang tenang. Jangan pulak perkara Error aja sampai berhenti ngoding atau kamu stress.

Mencari Solusi DiGoogle Atau Youtube

Sebelum bertanya ke forum ada baiknya kamu selesaikan sendiri errornya dengan bantuan Google atau Youtube karena dijaman sekarang uda banyak tu cara mengatasi errornya yang penting kamu tau aja Keyword untuk Mengatasi Errornya, ketika kamu sudah menemukan artikel atau video untuk menyelesaikan errormu ada baiknya juga ketahui dulu error nya itu disebabkan oleh apa dan jangan main copy paste aja ntar kamu ga ngerti.

Bertanya Keforum-forum

Nah jika kamu tidak menemukan solusinya digoogle atau youtube, mulai lah bertanya sama orang orang didalam forum karena ada pepatah memangatakan "Malu Bertanya, Sesat Dijalan". Jangan malu bertanya ya teman-temanku sekalian namanya juga pemula atau bingung ya wajarlah, kan mana tau orang orang yang diberada diforum sudah merasakan error seperti yang kamu rasakan sekarang dan mungkin dia akan menjawab dan memberi solusi untuk kamu.

Kalau bertanya diforum usahakan pertanyaannya jelas jangan setengah setengah bertanya sertakan juga dong Code dan pesan errornya karena orang diforum bukan penerawang semuanya, terus kalau sudah ada yang bertanya jangan lupa ucapkan terima kasih ya setelah itu jika error nya kamu sudah teratasi ada baiknya kamu beritahu bagaimana cara menyelesaikan error itu dikolom komentar kali aja mana tau ada yang errornya sama dengan anda dan mungkin dia terbantu jugakan.

Penutupan

Mungkin itulah sedikit tips dari saya mungkin bermanfaat untuk kamu semua yang sangat lelah menghadapi error. Programmer yang profesional sekalipun pernah mengalami error juga jadi tenang anda tidak sendiri, tetaplah berlatih dan belajar karena ilmu itu harus uptodate,

Semoga Bermanfaat!!


Content Creator, Web Developer

Posting Komentar

© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain