Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Banner

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding

Ada banyak yang bertanya seperti ini namun kebanyakan juga orang akan menjawab "harus mulai dari niat dulu" emang sih betul namun ada hal yang lain se
Bagaimana Cara Memulai Belajar Ngoding

Bagaimana Cara Memulai Belajar Ngoding

Bagaimana Cara Memulai Belajar Ngoding - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming. Diforum banyak sekali yang bertanya bagaimana cara memulai belajar ngoding oleh karena itu saya pun tertarik membuat artikelnya menurut saran teman-teman semuanya.

Ada banyak yang bertanya seperti ini namun kebanyakan juga orang akan menjawab "harus mulai dari niat dulu" emang sih betul namun ada hal yang lain selain daripada itu dan saya rangkum semuanya didalam artikel ini, sebelumnya saya minta maaf karena ga update artikel dikarenakan saya asik dengan project pribadi dan saya banyak urusan juga di RealLife saya juga.

Oke everyone inilah dia 5 cara untuk memulai belajar ngoding berdasarkan saran dari teman-teman semuanya.

Bagaimana Cara Memulai Belajar Ngoding

1. Memahami Konsep Dasar Pemprograman

Bagaimana Cara Memulai Belajar Ngoding

Pengertian dari coding  adalah menulis sekumpulan code sesuai dengan aturan penulisan (syntax) tertentu dari bahasa pemrograman yang digunakan. Bahasa pemrograman ini sendiri ada bermacam-macam.

Sebelum memulai belajar bahasa pemprograman ada baiknya kamu harus tau konsep dasar dari Coding terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa konsep dasar coding diantaranya seperti dibawah ini :

  • Control struktur
  • Struktur data
  • Tools
  • Variabel
  • Syntax
Lantas apa sih manfaat coding bagi kita? mungkin sebagian dari kalian akan berpikir seperti itu ketika memulai belajar ngoding. Ini lah beberapa manfaat belajar coding yang saya sendiri sudah merasakannya :
  • Meningkatkan rasa percaya diri
    Jujur saja, saya dulu sangat malu apalagi menunjukan karya kerajinan saya kepada orang banyak. Namun saat saya sudah mulai pandai dengan coding ini, maka tentu saja bisa membuat saya bahagia karena telah mencapai sesuatu yang hebat yang tidak semua orang bisa belajar coding dan belajar coding itu adalah suatu yang hebat bagi saya.
  • Mampu Memecahkan Sebuah Masalah Dan Mencari Langkah-langkah Logis
    Tentu saja ketika kalian belajar coding kamu akan menemui error dan kamu harus memecahkan masalah error tersebut dan mencari langkah-langkah logis atau logikanya agar program kamu berjalan dengan lancar, namun bukan hanya itu kamu juga harus memikirkan mengapa program tersebut bisa berjalan dan bagamana cara kerjanya. Semangkin banyak error berbeda yang kamu temukan mungkin semangkin banyak juga kamu akan belajar dari error tersebut.
  • Prospek masa depan
    Memiliki keterampilan coding juga dapat menjanjikan masa depan yang cerah bagi kamu yang tertarik dengan industri teknologi. Pertumbuhan bidang IT dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. Dengan demikian, lapangan pekerjaan bagi programmer akan semakin luas di masa depan.

2. Tentukan Tujuan Kamu Untuk Apa Belajar Coding

Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding

Sebelum belajar coding juga kamu harus menentukan tujuan mu belajar coding ini, karena sama sih kalau kamu belajar tanpa tujuan yang jelas kalau bisa tujuannya yang konsisten mana tau kamu pengen untuk membuat sebuah aplikasi atau website atau juga membuat game sekaligus. Dengan memahami tujuan kamu belajar tentu saja kamu akan tahu jenis pemprograman apa yang nanti kamu akan buat. Misalnya kamu ingin belajar pemprograman web supaya kamu bisa jadi web developer atau kamu ingin belajar pemprograman android agar kamu bisa jadi android developer dan sebagainya.

3. Pilih Bahasa Pemprograman Favorit

Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding

Setelah kamu sudah mengetahui apa itu coding,manfaatnya dan tujuan belajar kamu, saatnya kamu memilih bahasa pemprograman sesuai dengan keinginanmu. Pilihlah bahasa pemprograman sesuai dengan tujuan kamu belajar misalnya saja kamu ingin jadi Web Developer kamu bisa mempelajari HTML,PHP,XML,CSS atau JavaScript. Namun jika kamu ingin jadi Android Developernya kamu bisa mempelajari bahasa pemprograman Java, Kotlin, Javascript dll.

Saya ingin menjadi Web Developer namun saya tidak tau harus memulai darimana? banyak yang bertanya seperti ini dan jawabannya ada diwebsite Developer Roadmaps Disitu kamu akan diberi tahu alur-alur bahasa apa-apa saja yang harus bahkan wajib untuk dipelajari. Bukan hanya untuk Developer Web tapi ada banyak roadmap lainnya yang kamu bisa lihat diwebsitenya nanti.

4. Buatlah Mini Projek

Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding

Setelah belajar bahasa pemprograman yang kamu sukai saatnya kamu membuat mini projek untuk melatih sampai mana dirimu belajar dibahasa pemprograman itu. Mungkin ini beberapa mini project yang saya sarankan seperti berikut :
  • Membuat Login
  • Membuat Register
  • CRUD (Create, Read, Update, Delete)
  • Membuat Kalkulator
  • Membuat Web Portofolio pribadi
  • dll
Kalau bisa ketika kamu membuat mini project usahakan itu misalnya membuat fitur login yang multi user terus buat buat crud yang tidak biasa biasa saja misalnya ditambahi fitur ekspor atau import data dll.

5. Carilah Platform Untuk Belajar

Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding

Carilah teman atau komunitas programming yang bisa kamu ikuti. karena dengan belajar sama-sama itu sangat menyenangkan karena banyak hal yang bisa kamu bicarakan dikomunitas atau teman kamu, selain itu kamu juga akan bertemu dengan banyak programmer dan developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi atau mentor dalam belajar coding nantinya.

Penutupan

Mungkin itulau ah Bagaimana Cara Memulai Belajar Coding, ada banyak manfaat dan keuntungan ketika kamu belajar coding kalau bisa mulai lah dari sekarang kalau mulai nanti kamu akan banyak ketinggalan nantinya dan alangkah baiknya dimulai dari sekarang.

Semoga Bermanfaat!!


Content Creator, Web Developer

Posting Komentar

© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain