Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Banner

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer

Kita sekarang mengetahui bahwa profesi sebagai programmer itu semakin diminati oleh banyak orang. Dengan teknologi yang semakin berkembang jadi banyak

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer

Kita sekarang mengetahui bahwa profesi sebagai programmer itu semakin diminati oleh banyak orang. Dengan teknologi yang semakin berkembang jadi banyak perusahaan ataupun startup yang berbasis teknologi bermunculan karena perusahaan sangat memerlukan seorang programmer untuk mengurus website mereka, server dan hal lainnya jadi profesi ini semakin banyak diminati oleh banyak orang.

Bukan hanya itu, gaji seorang programmer terbilang cukup tinggi mulai dari 5 jt keatas apalagi jika kamu adalah seorang yang sangat professional maka sebuah perusahaan tidak segan-segan memberimu gaji diatas 8 jt.

Apa Itu Programmer?

Programmer adalah Seseorang yang memiliki kemampuan dalam menulis kode-kode program. Programmer juga sebuah profesi yang bertujuan untuk membuat sebuah sistem menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa pemprograman yang dimaksud adalah bahasa komputer. Bahasa komputer adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Namun Untuk Menjadi Seorang Programmer Itu Mudah?

Tentu saja tidak kawan tentu semua itu butuh perjuangan. Kamu harus rajin-rajin membaca, praktek dan terus belajar karena untuk menjadi programmer kamu harus tahu dulu mengenai bahasa pemprogramanan lalu menguasai bahasa tersebut bukan hanya itu kamu juga harus belajar bahasa inggris, MTK dan algoritma dasar untuk menjadi nilai tambah jika kamu betul-betul ingin menjadi programmer.

Hal-Hal Apa Saja Yang Harus Dipelajari Untuk Menjadi Seorang Programmer?

Seperti yang saya bilang diatas bahwa seorang programmer itu harus rajin-rajin untuk belajar. Itu harus ditambah lagi kamu harus juga konsisten dan bersabar karena semua butuh proses.

Lalu apa saja yang harus dipelajari untuk menjadi seorang programmer?

1. Bahasa Pemprograman

Ini adalah hal yang sangat wajib untuk dipelajari karena hal inilah yang kamu akan kerjakan sehari-sehari karena tanpa mengetahui bahasa pemprograman ini kamu tidak akan bisa melakukan apa-apa atau tidak akan bisa melakukan tugasnya seperti membuat website, membuat aplikasi atau sejenisnya.

Sebelum memulai belajar bahasa pemprograman ada baiknya kamu harus tau konsep dasar dari bahasa pemprograman terlebih dahulu. Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa konsep dasar bahasa pemprograman diantaranya seperti dibawah ini :

Originating -> input -> proses -> Output -> Distribution || Storage

Bahasa pemprograman itu ada banyak contoh PHP, C++, JAVASCRIPT, JAVA dan lain-lain. Untuk menjadi seorang programmer setidaknya kamu harus menguasai 2 bahasa pemprograman sebenarnya bisa saja kamu menguasai 1 bahasa pemprograman namun alangkah baiknya pelajari 2 bahasa.

2. Bahasa Inggris

Sebenarnya sih tidak harus sih tapi lebih direcomendasikan karena jika seorang programmer bisa berbahasa inggris maka ia akan jadi gampang untuk belajar bahasa pemprograman.

Kenapa gampang? Karena documentasi bahasa pemprograman itu biasanya ditulis dengan bahasa inggris sampai-sampai fungsi didalam bahasa pemprograman itu pun dari kata-kata bahasa inggris.

3. Logika

Untuk menyelesaikan masalah ataupun dalam membuat sebuah aplikasi kamu harus memikirkan bagaimana cara membuat aplikasi yang lain daripada yang lain atau bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang pada aplikasi yang sedang kamu bangun.

Seorang programmer  yang mempunyai logika yang tinggi cenderung lebih bisa menyelesaikan masalah lebih cepat bila dibandingkan dengan seorang programmer yang memiliki logika yang rendah.

Maka dari itu seorang programmer harus memiliki logika yang mantap untuk menyelesaikan masalah lebih cepat.

Nah jika kamu kesulitan dalam belajar bahasa pemprograman, kamu harus gabung dengan komunitas atau grup untuk mempermudah kamu dalam belajar bahasa pemprograman. Salah satunya adalah Kotakode.com

Apa Itu Kotakode.com?

Kotakode merupakan platform komunitas bagi para pegiat IT di Indonesia dimana programmer dapat belajar dan berbagi wawasan seputar dunia IT terkini untuk mendukung memberikan pertumbuhan perekonomian di Indonesia.

Komunitas programmer Indonesia ini di dirikan oleh Peter Tanugraha (Cofounder & CEO) lulusan Computer Engineering @University of Toronto 2019, Michael Englo yang merupakan Cofounder & CTO lulusan Computer Science @University of British Columbia 2020, dan Anncarel Sanchiabarca sebagai Cofounder & CBO lulusan dari Computing & Information Systems @University of London 2019.

Fitur Diskusi Pemprograman

Kotakode.com


Kotakode juga mempunyai platform diskusi pemrograman untuk kamu yang ingin menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar pemprograman atau masalah error ketika sedang membangun aplikasi.

Hal yang sangat banyak orang sukai karena adanya fitur ini sangat membantu sekali bagi saya ataupun programmer lain untuk berdiskusi. Biasanya para programmer menggunakan fitur ini untuk bertanya berbagai macam pertanyaan seperti menanyakan masalah atau error, menanyakan seputar bahasa pemprograman, atau menanyakan mengenai pendapat.

Cara Membuat Pertanyaan Di Kotakode.com

Sebelumnya kamu harus memiliki akun dulu di kotakode.com untuk menikmati fitur ini dan disini saya ingin membagikan juga tentang bagaimana cara membuat pertanyaan di kotakode.com agar kamu tidak bingung oke..

Jika kamu sudah sudah masuk kehalaman utama nya, lihat pada bagian menu lalu klik tombol daftar.

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer


Isi data-data yang diperlukan seperti email, username dan password, jika sudah lalu tekan Daftar.

Setelah Daftar akun nanti otomatis login kedalam kotakode.com, setelah itu tekan tombol Buat Pertanyaan pada sudut kanan atas.

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer


Nanti kamu tinggal isi saja sesuai intruksi yang diberikan sebagai contoh seperti dibawah :

Platfrom Diskusi Pemprograman Yang Sangat Bermanfaat Bagi Programmer


Usahakan pertanyaan kamu jelas dan lengkap ya agar teman-teman yang lain membantu kamu untuk menjawab pertanyaan mu.

Lalu kamu bisa klik tombol Tanya pada bawah form.

Sudah deh tinggal nunggu ada orang yang jawab pertanyaan kamu saja.

Pengen Nyobain Fitur Diskusi Pemprograman Di Kotekode.com?

Yuk silahkan join dan temukan hal-hal yang menarik didalam Kodekode.com!

Semangat Belajar Guys!

Content Creator, Web Developer

Posting Komentar

© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain