Belajar Database MYSQL Untuk Pemula

MYSQL merupakan sebuah Relational Database Management System (RDMS) yang menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang saat ini sangat ban

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula

Tutorial MYSQL Pemula Part 1: Belajar Database MYSQL Untuk Pemula

Tutorial MYSQL Pemula Part 1: Belajar Database MYSQL Untuk Pemula – Hallo teman-teman, apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan baik-baik saja ya! Tidak asik rasanya apabila belajar Bahasa Pemrograman PHP namun tidak belajar Database untuk membantu kamu dalam membangun sebuah website maka pada artikel kali ini saya ingin membuat artikel mengenai MYSQL yang terkenal dikalangan developer website.

Oh iya, untuk kamu yang ingin belajar Bahasa Pemrograman PHP silahkan kunjungi link dibawah ya! Saya sudah ada beberapa artikel yang dapat menjadi bahan belajar mu.

Tutorial Pemrograman PHP untuk Pemula

Lalu untuk apa kita belajar MYSQL? Belajar MYSQL ini sangat perlu apalagi kamu baru belajar mengenai database karena menggunakan MYSQL cukup gampang dipelajari dan MYSQL ini juga banyak digunakan dalam pengembangan sebuah website.

Yuk kita mulai belajar MYSQL nya!

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula

Apa Itu MYSQL?

Pengertian MYSQL

MYSQL merupakan sebuah Relational Database Management System (RDMS) yang menggunakan perintah SQL (Structured Query Language) yang saat ini sangat banyak digunakan dalam pengembangan sebuah website. MYSQL ini merupakan jenis Database yang di Distribusikan gratis yang dibawah lisensi GPL (General Public License) yang penggunanya bebas untuk menggunakan, mendistribusikan dan membuat karya turunan dari MYSQL.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa MYSQL termasuk kedalam Relational Database Management System (RDMS) sehingga kita sebagai pengguna dapat menggunakan table, kolom dan baris didalam struktur databasenya.

Kelebihan MYSQL

Mengetahui kelebihan dari sebuah database ini juga perlu saya sampaikan agar kita dapat jauh lebih mengenal dekat dengan MYSQL. Kelebihan yang saya ketahui (sebagai pengguna MYSQL) adalah sebagai berikut:

  • Berlisensi GPL dan dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  • Dapat diintegrasikan dengan beberapa bahasa Pemrograman seperti .Net, Java, Python, Perl, PHP yang merupakan bahasa pemrograman yang paling dominan di kalangan programmer.
  • Mendukung ODBC untuk sistem operasi Windows sehingga bisa digunakan aplikasi yang berjalan diwindows.
  • Bisa dijalankan pada spesifikasi hardware yang rendah karena lebih hemat resource memory (dibandingkan database lain) sehingga mudah digunakan untuk bahan pembelajaran.
  • MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa meskipun bahasa indonesia belum termasuk didalamnya.

Kekurangan MYSQL

Tentu MYSQL ada kekurangannya yang saya dapat atau saya dengar dari banyak orang setelah menggunakan MYSQL dibanyak project mereka buat dan saya juga merasakannya sendiri. Kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Banyak mengklaim kurang support terhadap pemrograman Game/Desktop, sehingga sedikit yang menggunakan untuk pengembangan Dekstop/Game.
  • Sangat diragukan dalam menangani data skala besar, karena ada beberapa opini yang pro dan kontra terhadap kemampuan MySQL terhadap pengolahan data yang besar.

Jika saya salah dengan anggapan diatas silahkan berkomentar ya!

Cara Instalasi XAMPP

Kenapa Harus XAMPP?

Mungkin ketika kamu akan bertanya seperti ini, saya menggunakan XAMPP karena ya bisa di bilang praktis karena didalam XAMPP sudah terdapat PHP, MYSQL dan Apache yang didalam semua itu dibutuhkan dalam membangun sebuah website.

Apa itu XAMPP?

XAMPP merupakan sebuah software Open Source yang dikembangkan dari sebuah tim proyek bernama Apache Friends. Fungsi dari XAMPP merupakan sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. XAMPP dapat dijalankan dibanyak sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Solaris.

Cara Instal XAMPP Pada Windows

Yang pertama, Silahkan kamu download terlebih dahulu XAMPP pada website resminya delink berikut https://www.apachefriends.org/download.html pilih versi XAMPP yang ingin kamu download ya!

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula


Kedua, Setelah kamu sudah download maka klik saja 2x pada file tersebut 

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula


Lalu jika ada pertanyaan atau pop up cukup kamu tekan Next saja ya.

Jika sudah selesai maka tampilan XAMPP ketika dijalankan akan seperti dibawah ini

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula


Kamu cukup tekan Start Apache dan MYSQL untuk mengaktifkan karena jika tidak kamu aktifkan maka Apache dan MYSQL tidak dapat digunakan.

Cara Instal XAMPP Pada Linux Ubuntu

Hal yang pertama, Kamu harus download dulu file Installer XAMPP pada website resminya pada  link berikut https://www.apachefriends.org/download.html dan pilih file untuk Linux ya!

Belajar Database MYSQL Untuk Pemula


 Kedua, kamu buka terminal dengan menekan CTRL + ALT + T atau kamu bisa langsung klik kanan pada layar desktop lalu pilih Terminal.

Ketiga, Kita harus mengatur Permission File nya terlebih dahulu ya dengan defaultnya ke Folder Downloads. Caranya dengan menekan command seperti dibawah:


cd Downloads

Disini kita mengubah permission nya menjadi 755 dengan mengetikkan command seperti dibawah


sudo chmod 755 file-name-xampp.run

Untuk file-name-xampp.run ubah menjadi nama file yang sudah kamu download tadi ya!

Keempat, setelah itu akan keluar jendela installer maka kamu hanya tekan tombol next saja.

Kelima, Untuk menjalankan XAMPP nya kamu hanya perlu mengetikan command seperti ini dibawah pada terminal


sudo /opt/lampp/lampp start

Lalu untuk menghentikan nya cukup seperti dibawah


sudo /opt/lampp/lampp stop

Jika untuk merestartnya masukkan command seperti dibawah


sudo /opt/lampp/lampp restart

Okey persiapan kita untuk belajar Database MYSQL sudah ada maka diartikel selanjutnya kita akan langsung praktek saja dengan menggunakan CMD atau Terminal untuk menjalankannya.

Apa Selanjutnya?

Mengenal Tipe Data Pada MYSQL

Demikianlah artikel pembukaan untuk materi MYSQL, jika ada request pembahasan materi silahkan berkomentar dibawah ya!