Tutorial PHP Pemula #3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP

Tutorial PHP Pemula Part 3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP Tutorial PHP Pemula Part 3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP – Hello everyone selamat datang kemb

Tutorial PHP Pemula Part 3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP

Tutorial PHP Pemula Part 3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP

Tutorial PHP Pemula Part 3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP – Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan masih mempelajari tentang pengenalan-pengenalan dari bahasa pemrograman PHP.  Pada tutorial sebelumnya kita sudah belajar tentang Variabel di PHP, Nah sekarang kita akan belajar Tipe Datanya.

Pengertian Tipe Data

Bagi kamu yang sudah pernah belajar bahasa pemprograman lain seperti Pascall atau C++ pastinya kamu sudah kenal dengan tipe data ini.

Tipe data adalah data dengan jenis tertentu dengan karakteristik tertentu.

Variabel-variabel bisa menyimpan data yang berbeda tipenya dan setiap data mempunyai fungsinya tersendiri yang pastinya berbeda-beda.

Yang kita pelajari disini mungkin ada beberapa tipe data seperti :

  • String.
  • Interger.
  • Float.
  • Boolean.
  • Array.

Nah itulah jenis tipe data yang kita akan pelajari disini sebelum itu kamu harus membaca tentang tutorial sebelumnya agar nantinya kamu tidak bingung.

String

String adalah tipe data yang berbentuk text. dan untuk cara penulisan tipe data string di letakkan di tengah-tengah tanda petik. di awali dengan tanda petik dan di akhiri dengan tanda petik juga. Perhatikan Code dibawah :


<?php

$a = "Hallo Semuanya";

$b = "Saya sedang belajar php di www.belajarwithib.my.id";

$c = "Hayyukkk barengan belajarnya";

echo $a;

echo "<br>";

echo $b;

echo "<br>";

echo $c;

?>

Interger

Tipe data integer adalah tipe data yang berbentuk angka yang berbentuk bilangan asli atau bilangan bulat. untuk penulisan tipe data Integer tidak perlu menambahkan tanda petik karena akan di baca sebagai string jika anda menambahkan tanda petik pada tipe data integer. Sebagai contoh perhatikan code dibawah :


<?php

$bil_pertama = 10;

$bil_kedua = 15;

echo $bil_pertama = 10;

echo "<br>";

echo $bil_kedua = 15;

?>

Maka hasilnya nanti akan tetap angka didalam variable itu juga.

Float

Tipe data float atau di sebut juga tipe data double adalah tipe data yang berisi bilangan desimal. cara penulisannya hampir sama dengan tipe data integer karena tidak memerlukan tanda petik di awal dan di akhir isi variabel float. Sebagai contoh perhatikan code dibawah :


<?php

$bil_pertama = 11.100;

var_dump($bil_pertama);

?>

Boolean

boolean adalah tipe data yang hanya memiliki dua buah value atau isi. yaitu true dan false. atau 0 dan 1.


<?php

$x = false;

$y = true;

?>

Boolean sering digunakan untuk pengecekan/pengujian suatu kondisi atau keadaan. Atau didalampemprograman disebut conditional testing.

Array

Array adalah sebuah tipe data yang menyimpan banyak isi di dalam sebuah variabel. isi dari pada variabel array di tandai dengan masing-masing angka yang sudah di terapkan menurut urutannya. Data tersebut bisa beruba deretan karakter, interger atau tipe data lainnya.


<?php

$a = array("Kaori","Kaguya","Kurumi","Eren","Tatsumi");

var_dump($a);

?>

Kesimpulan

Mungkin sekian dulu untuk pembasahan mengenai tipe data dip hp, kamu bisa menyesuaikan sendiri tipe data mana yang kamu ingin gunakan untuk menyimpan value pada variable yang kamu.

Penutupan

Mungkin sekian lah Tutorial PHP Pemula  #3 : Mengenal Tipe Data Pada PHP.Semoga Tutorial Ini dapat membantu anda dalam segala keperluan anda masing-masing.

Support Website belajarwithib.my.id dengan donasi ke :  klik disini .