Tutorial PHP Pemula Part 11 : Mengenal Operator Aritmatika Pada PHP - Bagian 1

Operator Aritmatika adalah operator matematis yang terdiri dari operator penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, plus, dan minus. Oper

 

Tutorial PHP Pemula #11 : Mengenal Operator Aritmatika Pada PHP - Bagian 1

Tutorial PHP Pemula Part 11 : Mengenal Operator Aritmatika Pada PHP - Bagian 1

Tutorial PHP Pemula Part 11 : Mengenal  Operator  Aritmatika Pada PHP – Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan masih mempelajari PHP Dasar, Sekarang kita akan belajar Mengenal Aritmatika Pada PHP.

Sama seperti artikel sebelumnya, Artikel ini saya buat karena tugas PBO yang dimana kebanyakan teman-teman saya yang kurang mengerti tentang aritmatika namun tugas kami itu untuk JAVA tapi karena saya kepikiran kenapa gak dibuatkan aja artikel aritmatika pada PHP kali aja membantu orang lain sekalian ingat-ingat pelajaran jadi saya.

Mengenal Operator  Aritmatika Pada PHP

Operator Aritmatika adalah operator matematis yang terdiri dari operator penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, modulus, plus, dan minus. Sumber ( DuniaIlkom )

Operator aritmatika atau di sebut juga operator matematika merupakan operator yang digunakan untuk pengolahan bilangan, Nah didalam bahasa pemprograman PHP mempunyai beberapa Operator matematika, sebagai contoh dan penjelasan sebagai berikut :

1.Penjumlahan

Pada operator penjumlahan digunakan untuk menambahkan bilangan atau bisa juga variable Contohnya seperti  $a + $b

2.Pengurangan

Pada operator Pengurangan digunakan untuk mengurangi bilangan atau bisa juga variable Contohnya seperti  $a - $b

3.Perkalian

Pada operator Perkalian digunakan untuk mengalikan bilangan atau bisa juga variable dan perlu kamu ketahui kalau perkalian menggunakan symbol bintang  “ * “  Contohnya seperti  $a * $b

4.Pembagian

Pada operator Pembagian digunakan untuk membagi bilangan atau bisa juga variable dan perlu kamu ketahui kalau perkalian menggunakan symbol Garis Miring  “ / “  Contohnya seperti  $a / $b

5.Modulus

Operator ini menghasilkan sisa hasil bagi dari hasil pembagian. Misalkan 10 % 3, hasilnya adalah 1. Biasanya operator modulus ini digunakan bersama-sama dengan operator pembagian (/).  penulisan operator modulus di php menggunakan tanda persen  ” % “.

6.Minus

Cara Membuat operator minus diPHP Contohnya seperti “ -$a “.

7. Plus

Cara Membuat operator Plus diPHP Contohnya seperti “ +$a “.

Cara membuat operator aritmatika di PHP

Nah setelah saya jelaskan semua diatas sekarang kita akan mempraktikannya jadi perhatikan lah code dibawah ini :


<?php 

$a = 10;
$b = 5;

$c = $a + $b;
echo "Ini Penambahan = $c";

echo("<hr>");

$c = $a - $b;
echo ("Ini Pengurangan = $c");

echo("<hr>");

$c = $a * $b;
echo ("Ini Perkalian = $c");

echo("<hr>");

$c = $a / $b;
echo ("Ini pembagian = $c");

echo("<hr>");

$c = $a % $b;
echo ("Ini Modolus = $c");

 ?>

Maka jika dijalan diweb browser maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

Tutorial PHP Pemula #11 : Mengenal Operator Aritmatika Pada PHP - Bagian 1

Pada contoh diatas saya membuat variable A dan B, lalu saya juga membuat variable C sebagai proses penjumlahan,perkalian,perngurangan dll maka dari itu ketika saya ingin menampilkan hasilnya saya hanya perlu memanggil variable C saja, Sebenarnya bisa aja tanpa variable C namun ini supaya kamu mudah memahaminya.

Semoga Bermanfaat.