Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Banner

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Kalau kamu sekarang sedang mencari laptop untuk belajar programming atau pekerjaan, kamu harus pandai dalam memilih laptop yang sesuai kebutuhan masin

 

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Spesifikasi Laptop Untuk Programming 

Spesifikasi Laptop Untuk Programming - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming. Karena banyak sekali yang bertanya "bang..laptop untuk programming apa saja yang harus diperhatikan?" maka dari itu saya membuat artikel ini sesuai dengan saran dari forum dan baca sana sani lalu saya simpulkan didalam artikel ini.

Kalau kamu sekarang sedang mencari laptop untuk belajar programming atau pekerjaan, kamu harus pandai dalam memilih laptop yang sesuai kebutuhan masing-masing karena kalau kita salah pilih mungkin kurang puas rasanya bekerja dengan laptop tersebut. Apalagi kamu adalah seorang programmer yang membutuhkan RAM setidaknya 4 atau 8 GB. Jika kamu menjalankan kode yang rumit, kamu akan membutuhkan salah satu hard drive terbaik, bahkan mungkin salah satu SSD terbaik. Karena SSD akan menghemat waktu kamu ketika menyimpan atau membuka file dan aplikasi. 

Oke inilah Spesifikasi Laptop Untuk Programming yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop.

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

1. RAM (Random Access Memory)

Spesifikasi Laptop Untuk Programming - Ram

Setiap kita atau kamu bertanya diforum pasti kebanyakan orang akan menjawab RAM harus besar, RAM menjadi hal yang mungkin krusial untuk para programmer bukan hanya untuk ngoding web bermain game atau belajar pemprograman android juga harus membutuhkan RAM yang besar agar dapat berjalan dengan baik tanpa adanya lag dll

Saran Ukuran RAM dari beberapa orang diforum adalah seperti berikut :

  • 4 GB (Minimal)
  • 8 GB (Lumayan)
  • 16 GB keatas (Terbaik)

2. Portabilitas

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Bukan hanya RAM, Portabilitas juga harus kamu perhatikan dalam memilih sebuah laptop untuk programming karena kamu ingin dapat bekerja dimana saja dan kapan saja alasan utama laptop sering digunakan oleh para programmer karena ribet dan mudah untuk dibawa.

Jika kamu ingin ngoding dicafe,tempat tongkrongan atau sering untuk berpindah-pindah mungkin laptop dengan ukuran 13 atau 14 inci cocok untuk kamu karena bukan hanya ringan dibawa tapi dengan ukuran yang relative kecil jadi kamu dapat membawa atau menyelipkannya didalam tas kamu nanti.

Namun jika kamu tidak terlalu sering berpindah-pindah tempat atau lebih enakan kerja cuman disatu tempat saja mungkin laptop dengan ukuran 15 inci keatas cocok untuk kamu.

3. Kapasitas Harddisk

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

RAM dan Harddisk biasanya yang selalu disarankan Orang ketika bertanya diforum, kenapa? harddisk ini berpengaruh dalam sebuah pekerjaan programmer karena biasanya seorang programmer membutuhkan data atau menyimpan data yang besar atau lumayan besar untuk menyimpan file,aplikasi dll dan kecepatan mengakses semua data juga diperhatikan.

SSD dan HDD mungkin banyak menyarankan antara kedua itu dan disini saya akan membahas perbedaan SSD dan HDD secara singkat :

  • Harga
    SSD memiliki harga yang lebih mahal daripada HDD. Misalnya ya kamu membeli 1TB HDD seharga 700k mungkin dengan jumlah kapasitas yang sama SSD akan seharga 2X lipat harganya dari harga HDD.
  • Kinerja
    SSD merupakan teknologi penyimpanan terbaru, SDD menawarkan kecepatan yang lebih baik daripada HDD karena SSD bisa memiliki 5X lebih cepat atau lebih dibanding HDD.

4. CPU (Central Processing Unit)

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Kecepatan CPU juga berpengaruh bagi performa laptop. Hal yang kamu perhatikan ketika memilih spesifikasi CPU untuk laptop kamu seperti berikut :

  • Generasi CPU
  • Jumlah Cores
  • Kecepatan CPU
  • Dll

Prosessor yang banyak disarankan berdasarkan survey diforum programmer

  • Intel Core i3
  • AMD Ryzen 3
  • AMD Ryzen 5
  • Intel Core i5
  • Intel Core i7
  • AMD Ryzen 9 3900X
  • Intel Core i9

Untuk memilih prosessor saya sarankan pilihlah generasi terbaru agar jauh lebih bagus dan mungkin ada tambahan silahkan tulis dikolom komentar ya..

5. Sistem Operasi

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Kebanyakan sih ketika kita membeli laptop baru OS nya pasti Windows, bisa saja sih sebenernya Windows namun kebanyakan para programmer itu menggunakan Linux bukan hanya Linux itu ringan tapi Linux itu Open Source berbeda dengan Windows.

Ada beberapa alasan para programmer menggunakan Linux adalah sebagai berikut:

  • Aman dari virus
  • Gratis dan Open Source
  • Ringan
  • Mendukung banyak bahasa pemprograman
Namun sesuaikan dengan kebutuhan kamu masing-masing ya mau makai yang mana mau itu windows atau linux baca saja kekurangan atau kelebihannya.

6. Graphics Card

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Graphics Card juga berpengaruh untuk laptop programmer bukan hanya untuk ngoding tapi untuk bermain game, editing dll itu sangat berpengaruh, seperti misalnya kita ingin belajar bahasa pemprograman android atau Mengedit video atau foto atau bisa juga bermain game yang lumayan grafiknya.

7. Baterai

Spesifikasi Laptop Untuk Programming

Jika kita sering ngoding diluar mungkin baterai ini juga perlu kamu perhatikan ketika memilih laptop untuk programming. Kan gamungkin gitu terlalu sering mencharger yang ada malah batre akan soak atau rusak jadi lebih baik pilihlah laptop yang baterainya awet berjam-jam.

Penutupan

Mungkin itulah Spesifikasi Laptop Untuk Programming yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop, saya tidak ada membilang merek ini bagus atau merek itu bagus biasanya saya membeli laptop melihat berdasarkan Spesifikasinya saja, namun terserah teman-teman mau makai merek apa ya. Saya rasapun semua laptop bisa untuk programming namun jika kamu ingin belajar pemprograman android saya sarankan pilihlah spek yang gahar tapi sesuaikan dengan budget kamu ya.

Content Creator, Web Developer

1 komentar

  1. thanks for the knowledge and hopefully the site is more developed
© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain