Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript

Terkadang ketika kita menginginkan pengaturan waktu untuk mengeksekusi code atau mengulangi code tertentu secara otomatis. Didalam Javascript kamu bis
Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript




Tutorial JavaScript Pemula Part 12 : Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript

Tutorial JavaScript Pemula Part 12 : Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript  - Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan membahas Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript.

Terkadang ketika kita menginginkan pengaturan waktu untuk mengeksekusi code atau mengulangi code tertentu secara otomatis. Didalam Javascript kamu bisa menggunakan 2 function yang sangat berguna untuk menyelesaikan masalah seperti awal-awal yang saya katakan function itu adalah setTimeout Dan setInterval.

Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript

setTimeout

setTimeout() digunakan untuk menjalankan suatu program  setelah batas waktu yang ditentukan dan hanya dijalankan 1 kali.

Perintah ini biasanya disimpan dalam suatu variabel sebagai identitas yang dapat digunakan untuk membatalkan program dengan perintah clearTimeout(). Ketika perintah clearTimeout() dijalankan, maka program yang seharusnya dijalankan pada batas waktu tertentu dengan setTimeout() tidak jadi dijalankan. Format penggunaan setTimeout() seperti berikut



variable = setTimeout(expression, timeout);

Variable adalah variabel yang menjadi identitas. Expression adalah function yang akan menjalankan program. Sedangkan timeout adalah batas dijalankanya program dalam milisecond, artinya 1000 berarti 1 detik.

Contoh penggunaan setTimeout sebagai berikut :



let variable;

delayTimer();

function delayTimer() {
  variable = setTimeout(function_delay, 3000);
}

function function_delay() {
  alert('Hallo Word');
}

Diatas adalah contoh penggunaan sederhana untuk menampilkan kotak dialod Alert yang isinya adalah Hello World.

Delaytimer() merupakan function untuk menjalankan function_delay(), function_delay akan dijalankan pada saat 3 detik atau pada saat waktu yang ditentukan, Function itu akan dijalankan berulang pada saat kamu memuat ulang website atau halaman website kamu refresh.

setInterval

setInterval() digunakan untuk menjalankan program berkali kali dengan jarak waktu tertentu. Perintah ini dapat digunakan untuk membuat animasi pada JavaScript. Perintah ini juga biasa disimpan dalamsuatu variabel yang dapat digunakan untuk menghentikan program dengan perintah clearInterval(). Format penggunaan setInterval() sebagai berikut:



variable = setInterval(expression, timeout);

Contoh penggunaan setInterval sebagai berikut :



let variable;

delayTimer();

function delayTimer() {
  variable = setInterval(pesan, 3000);
}

function pesan() {
  alert('Hallo Word');
}

Hasilnya code diatas akan diulang-ulang terus-menerus dengan jeda waktu 3 detik sekali. Ia akan menampilkan pesan Hello World secara berulang-ulang nantinya.

clearTimeout() dan clearInterval()

Ada juga fungsi asli yang sesuai untuk menghentikan peristiwa waktu: clearTimeout() dan clearInterval().

Kamu mungkin telah memperhatikan bahwa setiap fungsi timer di atas disimpan ke variabel. Ketika fungsi setTimeout atau setInterval berjalan, maka ditetapkan angka yang disimpan ke variabel ini. Perhatikan bahwa JavaScript melakukan ini semua di latar belakang.

Nomor yang dihasilkannya unik untuk setiap contoh timer. Nomor yang ditetapkan ini juga merupakan cara timer diidentifikasi ketika Kamu ingin menghentikannya. Untuk alasan ini, Kamu harus selalu mengatur timer Kamu ke variabel.

Untuk kejelasan kode, Kamu harus selalu mencocokkan clearTimeout() ke setTimeout() dan clearInterval() ke setInterval().

Untuk menghentikan timer, hubungi fungsi clear yang sesuai dan berikan variabel ID timer yang cocok dengan timer yang ingin Anda hentikan. Sintaks untuk clearInterval() dan clearTimeout() sama.

Contoh penggunaannya seperti dibawah :



let variable;

delayTimer();

function delayTimer() {
  variable = setTimeout(pesan, 3000);
}

function pesan() {
  alert('Hallo Word');
}

function clearAlert() {
  clearTimeout(variable);
}

Mungkin sekian penjelasan untuk Perintah setTimeout Dan setInterval Javascript. Ini merupakan penjelasan dasar dan cara penggunaanya saja untuk selebihnya kamu bisa mengembangkannya sendiri sesuai dengan keinginanmu.