Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman Pascal

Kenapa harus pascal? Karena pascal ini biasanya akan masuk kedalam materi kuliah kalian dan pascal ini cukup asik dibahas apalagi bahasa ini dapat mud
Belajar Pascal Part 1: Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman Pascal


Belajar Pascal Part 1: Berkenalan Dengan Bahasa Pemrograman Pascal

Hello semuanya! Sudah lama saya tidak update materi lagi karena sibuk dengan perkuliahan dan pekerjaan saya sebagai freelance hihihi. Baik pada artikel kali ini saya akan membuka judul baru yaitu kita akan belajar bahasa pascal.

Kenapa harus pascal? Karena pascal ini biasanya akan masuk kedalam materi kuliah kalian dan pascal ini cukup asik dibahas apalagi bahasa ini dapat mudah dimengerti apabila kamu baru saja mengenal pemrograman. Jadi sekalian saya mengingat materi perkuliahan untuk saya share kepada kamu semua!

Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal

Mungkin sebagian dari pembaca artikel ini pasti terdengar asing dengan Pascal, karena emang rada jarang dibahas sih menurut saya apalagi orang-orang pada banyak berbicara mengenai teknologi baru seperti laravel,next js atau lain sebagainya.

Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa tingkat tinggi (high-level language) yang dikembangkan oleh Niklaus Wirth pada awal 1970-an. Pascal juga merupakan bahasa pemrogramanyang mudah dimengerti oleh manusia ataupun mesin karena bahasa nya yang struktur dengan menggunakan konsep procedural dan struktur programming yang baik sehingga pascal sangat cocok untuk dipelajari untuk memahami konsep program dan melatih algoritma.

Jika kamu berada dibangku kuliah atau sekolah, mungkin kamu bakal berjumpa dengan Materi Bahasa Pemrograman Pascal. Dikarenakan beberapa alasan berikut:

  • Mudah untuk dipelajari.
  • Bahasa terstruktur.
  • Ini menghasilkan program yang transparan, efisien dan dapat diandalkan.
  • Dapat dikompilasi pada berbagai platform komputer.

Selain mudah dipelajari, ada beberapa alasan juga kenapa bahasa pascal jarang kamu ketemui dan jarang orang menggunakannya, yaitu:

  • Tidak Mendukung Pemrograman Berorientasi Objek
  • Bahasa Pemrograman Pascal Terlalu Lawas
  • Sintaks Yang Bertele-tele

Semua ini akan kamu mengerti apabila kamu sudah belajar menggunakan bahasa pemrograman lain.

Kenapa Harus Belajar Bahasa Pascal?

Mungkin setelah kamu membaca penjelasan saya diatas, pertanyaan seperti ini bakalan muncul.

Sebenarnya, sah-sah saja apabila kamu belajar Pemrograman C++ atau PHP dll, namun dengan belajar Pascal kamu akan dapat lebih mudah mempelajari bahasa pemrograman yang lain karena didalam Pascal kamu akan belajar mengenai Algoritma, Tipe Data, Perulangan, Kondisi dan lain sebagainya.

Ayo kita bandingkan bahasa pemrograman pascal dan bahasa pemrograman lain yang dapat kamu pahami dengan cepat.

Dibawah ini merupakan syntax/code dari Bahasa C++


#include <iostream>
using namespace std;
int main() {
   cout << "Hello, World!" << endl;
   return 0;
}

Dibawah ini merupakan syntax/code dari Bahasa Pascal


program HelloWorld;
begin
  writeln ('Hello, world.');
  readln;
end.

Dari kedua code diatas menghasilkan output yang sama, mana lebih mudah kamu pahami? Tentu pascal karena pascal juga sytnaxnya kebanyakan berbentuk bahasa inggris atau bahasa sehari-hari.

Nah itulah sedikit penjalasan mengenai Bahasa Pemrograman Pascal, Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menjalankan Bahasa Pemrograman Pascal pada komputer kamu masing-masing dan bagaimana cara membuat program pertama kamu dengan pascal.

Belajar Pascal Part 2: Cara Instalasi Software Turbo Pascal

Cukup sekian penjelasan saya mengenai bahasa pemrograman pascal, silahkan baca artikel diatas jika ingin mengetahui kelanjutan untuk belajar pascal.

Terima kasih!

Content Creator, Web Developer

Posting Komentar

© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain