Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika

Mungkin kalian sebelum memasuki dunia programming pasti akan bertanya seperti ini " Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika?" jangan heran kalau


Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika?

Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika?

 Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika? - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming. Banyak sekali yang bertanya Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika oleh karena itu saya pun tertarik membuat artikelnya menurut saran teman-teman semuanya.

 Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika?

Mungkin kalian sebelum memasuki dunia programming pasti akan bertanya seperti ini " Jadi Programmer Emang Harus Pintar Matematika?" jangan heran kalau dunia programming juga masih ada sangkut pautnya dengan matematika ya teman-temanku sekalian, namun tidak harus jago atau pandai matematika untuk bisa jadi programmer karena kemampuan dasar atau menengah saja sudah dikuasai juga sudah bisa jadi programmer. Namun tergantung, kamu mau jadi programmer yang mana ini sekarang atau mau fokus dimana.

Memang belajar matematika itu sangat disarankan sekali jika ingin belajar pemprograman karena bisa lebih gampang memahami algoritma dan logika dalam programming nantinya. Bukan berarti wajib namun apapun pelajarannya pasti kamu akan berjumpa dengan matematika juga.

Sekarang saya rasa dikepala kalian akan bertanya seperti ini "Lah? Maksudnya gimana? gajelas banget" Jadi gini teman-teman ku semuanya kalau kamu mau jadi expert atau kamu fokus di web programmer atau kamu ingin buat system yang bertugas untuk masuk (input) dan ngeluarin (output) sebuah data. Kamu bisa saja itu lansung terjung belajar pemprograman tanpa belajar matematika sekalipun, Karena dipenyedia cource online atau tutorial yang ada diyoutube pun kamu akan belajar dari dasar (basic) ke expert dengan code yang jauh dari matematika yang kamu pelajari disekolah. 

Pandai pun kamu matematika itulah menjadi nilai tambah untuk kamu, Karena bisa atau nggaknya matematika bukan jadi alesan untuk kamu tidak memulai belajar pemprograman atau mulai jadi seorang programmer.

Hal yang harus digaris bawahi adalah Programmer dengan segudang skill mumpuni yang menduduki posisi penting di perusahaan bonafide tidak semuanya jago matematika, bahkan banyak dari mereka yang justru membencinya. Dengan kata lain, kemampuan matematika dan keberhasilan menjadi Programmer tidak ada kaitannya. Justru, seseorang yang banyak meng-Googling informasi dan referensi lebih memiliki peluang untuk menjadi Programmer andal.

Beberapa Project Dengan Hitungan Yang Cukup Sulit

Mari kita buktikan project apa apa saja yang harus memerlukan hitung-hitungan yang sulit seperti contoh berikut :

  • Animasi Interaktif
  • Robot
  • Game
  • Machine Learning
  • Rocket
  • Dll
Nah itu lah beberapa project yang emang memerlukan hitungan yang cukup sulit namun ketika kamu buat CRUD pun ada sebenarnya hitungannya namun sederhana seperti menambah, mengkali, membagi atau mengurangi.

Profesi Yang Memerlukan Matematika

Disini saya mengambil salah satu contoh Data Science. Data science adalah ilmu yang menggabungkan matematika, statisika dengan ilmu komputer dengan tujuan analisa data (data analysis) dari suatu himpunan data baik skala kecil (sampel) maupun besar (populasi) dengan mengaplikasikan algoritma tertentu untuk tujuan menggali data (data mining) dan mendapatkan pola data serta dapat melakukan prediksi data (prediction) dengan cukup akurat yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan dan dapat digunakan untuk membuat sistem yang cerdas (AI) yang dapat terus belajar dengan sendirinya (machine learning).

Kemampuan yang kamu butuhkan untuk menjadi Data Science

  • Kemampuan Matematika dan Statistika
  • Kemampuan Pemrograman (R, Python, dan lainnya)
  • Kemampuan Database dan Query (SQL dan lainnya) dan pengolahan data
  • Kemampuan analisa data dan visualisasi data
  • Kemampuan pemahaman masalah terkait bisnis atau suatu bidang lainnya
Itulah Profesi yang memerlukan kemampuan matematika yang kuat.

Nah inilah mengapa semua program studi informatika memasukan Matematika Diskrit dan Kalkulu disemertes pertama. Sehingga kamu jadi cerdas di pemprograman, bukan sekeder hafal baris program saja kalau seperti itu mending kamulihat tutorial youtube atau les privat aja, ga perlu pakai acara kuliah.


Secara keseluruhan, tidak perlu khawatir jika matematika kamu tidak terlalu cemerlang. Berhasil atau tidaknya seseorang menjadi Programmer tidak ditentukan oleh seberapa tinggi keterampilan matematikanya, akan tetapi niat, semangat dan kerja keras yang akan mengantarmu ke pintu kesuksesan. Ingat, seorang Programmer juga harus melatih kesabaran apabila komputer tidak menjalankan tugas sesuai perintah.

Penutupan

Intinya jika Kamu pandai dalam matematika itulah menjadi nilai tambah untuk kamu, Karena bisa atau nggaknya matematika bukan jadi alesan untuk kamu tidak memulai belajar pemprograman atau mulai jadi seorang programmer.

Sumber Referensi