Jasa Pembuatan Website Termurah! Klik Disini

Banner

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Saya rasa kamu semua sudah pernah membuat program yang berhubungan dengan matematika seperti kalkulator dll tapi ini sedikit teriki kita akan menghitu

Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Tutorial JavaScript Pemula Part 8 : Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Tutorial JavaScript Pemula Part 8 : Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript - Hello everyone selamat datang kembali diwebsite saya belajarwithib.my.id, pada seri kali ini kita akan membahas Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript.

Saya rasa kamu semua sudah pernah membuat program yang berhubungan dengan matematika seperti kalkulator dll tapi ini sedikit teriki kita akan menghitungakar kuadrat, pangkat, log, sin, cos, tan, Dll. Lalu bagaimana cara menyelesaikannya? Tentu saja menggunakan algoritma buatan kamu sendiri tapi kamu tidak perlu khawatir lagi karena javascript sudah menyediakan objek Math yang akan membantu kita membuat perhitungan matematika menjadi lebih mudah.

Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Objek math digunakan untuk melakukan berbagai operasi matematika. Math merupakan objek built-in yang memiliki properti dan method untuk perhitungan konstan dan fungsi. bukan Fungsi Objek.

Tidak seperti global objects lain, Math bukanlah constructor. Semua properti dan method dari Math adalah static. Kamu merujuk ke PI konstanta dapat sebagai Math.PI dan Kamu dapat memanggil fungsi sinus sebagai Math.sin (X), di mana X adalah argumen metode tersebut. Konstanta ditentukan dengan presisi penuh dari bilangan real di JavaScript.

Ada beberapa Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript yang digunakan untuk melakukan operasi matematika, yaitu sebagai berikut:

Property Objek Math Dalam JavaScript

Berikut adalah Property untuk Objek Math di dalam JavaScript :

  • Math.E: Berisi nilai dari logaritma natural e, dengan nilai 2.718281828459045
  • Math.LN10 : Berisi nilai dari logaritma natural 10, dengan nilai 2.302585092994046
  • Math.LN2 : Berisi nilai dari logaritma natural 2, dengan nilai 0.6931471805599453
  • Math.LOG10E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 10, dengan nilai 0.4342944819032518
  • Math.LOG2E : Berisi nilai dari logaritma natural e basis 2, dengan nilai 1.4426950408889634
  • Math.PI : Berisi nilai dari pi (π) dengan nilai 3.141592653589793
  • Math.SQRT1_2: Berisi hasil dari 1 dibagi dengan akar kuadrat 2, dengan nilai 0.707106781186
  • Math.SQRT2: Berisi hasil akar kuadrat dari 2, dengan nilai 1.4142135623730951

Sumber duniailkom.com

Cara penggunaan Property objek math cukup mudah dan perhatikanlah code dibawah ini :


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
</body>
<script type="text/javascript">
	//Contoh Math E
	function compoundOneYear(interestRate, currentVal) {
		return currentVal * (Math.E ** interestRate);
	}

	console.log(Math.E);
	// Hasilnya: 2.718281828459045

	console.log((1 + (1 / 1000000)) ** 1000000);
	// Hasilnya: 2.718280469

	console.log(compoundOneYear(0.05, 100));
	// Hasilnya: 105.12710963760242

	// Contoh Math.LN10
	function getNatLog10() {
		return Math.LN10;
	}

	console.log(getNatLog10());
	// Hasilnya: 2.302585092994046

	// Contoh Math.PI
	var jari = 5
	var luas = Math.PI * jari * jari;
	console.log(luas);
	// Hasilnya: 78.53981633974483
</script>
</html>

Untuk hasilnya bisa kamu lihat pada gambar dibawah ini atau tag comentar pada code :

Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Method Objek Math Dalam JavaScript

Perhatikan bahwa fungsi trigonometri (sin (), cos (), tan (), asin (), acos (), atan (), atan2 ()) mengharapkan atau mengembalikan sudut dalam radian. Untuk mengonversi radian menjadi derajat, bagi dengan (Math.PI / 180), dan kalikan dengan ini untuk mengonversi ke arah lain.

Perhatikan bahwa banyak fungsi matematika memiliki presisi yang bergantung pada implementasi. Ini berarti bahwa browser yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda, dan bahkan mesin JS yang sama pada OS atau arsitektur yang berbeda dapat memberikan hasil yang berbeda.

Berikut adalah Method untuk Objek Math di dalam JavaScript :

  • Math.abs (x) Mengembalikan nilai absolut sebuah angka.
  • Math.acos (x) Menampilkan arccosine sebuah angka.
  • Math.acosh (x) Menampilkan arccosine hiperbolik sebuah angka.
  • Math.asin (x) Menampilkan busur angka.
  • Math.asinh (x) Menampilkan busur hiperbolik sebuah angka.
  • Math.atan (x) Mengembalikan arctangen sebuah angka.
  • Math.atanh (x) Menampilkanangen busur hiperbolik sebuah angka.
  • Math.atan2 (y, x) Mengembalikan arctangen dari hasil bagi dari argumennya.
  • Math.cbrt (x) Menampilkan akar pangkat tiga dari sebuah angka.
  • Math.ceil (x) Membulatkan bilangan decimal ke angka terdekat di atasnya.
  • Math.clz32 (x) Menampilkan jumlah nol di depan dari bilangan bulat 32-bit.
  • Math.cos (x) Mengembalikan kosinus sebuah angka.
  • Math.cosh (x) Menampilkan kosinus hiperbolik sebuah angka.
  • Math.exp (x) Mengembalikan Ex, di mana x adalah argumennya, dan E adalah konstanta Euler (2,718…), basis dari logaritma natural.
  • Math.expm1 (x) Mengembalikan pengurangan 1 dari exp (x).
  • Math.floor (x) Membulatkan bilangan decimal ke angka terdekat di bawahnya.
  • Math.fround (x) Menampilkan representasi float presisi tunggal terdekat dari sebuah angka.
  • Math.hypot ([x [, y [,…]]]) Mengembalikan akar kuadrat dari jumlah kuadrat argumennya.
  • Math.imul (x, y) Menampilkan hasil perkalian bilangan bulat 32-bit.
  • Math.log (x) Menampilkan logaritma natural (loge, juga ln) dari sebuah bilangan.
  • Math.log1p (x) Mengembalikan logaritma natural dari 1 + x (loge, juga ln) dari sebuah angka.
  • Math.log10 (x) Menampilkan logaritma basis 10 sebuah angka.
  • Math.log2 (x) Menampilkan logaritma basis 2 sebuah angka.
  • Math. Maks ([x [, y [,…]]]) Mengembalikan angka terbesar dari nol atau lebih.
  • Math.min ([x [, y [,…]]]) Menampilkan angka terkecil dari nol atau lebih.
  • Math.pow (x, y) Mengembalikan basis ke pangkat eksponen, yaitu, eksponen dasar.
  • Math.random () Mengembalikan angka acak semu antara 0 dan 1.
  • Math.round (x) Membulatkan bilangan decimal ke angka terdekat.
  • Math.sign(x) Mengembalikan tanda x, yang menunjukkan apakah x positif, negatif, atau nol.
  • Math.sin (x) Menampilkan sinus sebuah angka.
  • Math.sinh (x) Menampilkan sinus hiperbolik sebuah angka.
  • Math.sqrt (x) Menampilkan akar kuadrat positif dari sebuah angka.
  • Math.tan (x) Menampilkan tangen sebuah angka.
  • Math.tanh (x) Menampilkan tangen hiperbolik sebuah angka.
  • Math.toSource () Mengembalikan string " Math ".
  • Math.trunc (x) Mengembalikan bagian integral dari bilangan x, menghapus semua digit pecahan.

Setiap penggunaan method dan peroperti di atas di awali dengan kata Math dan untuk contoh penggunaannya saya hanya mencontohkan beberapa saja selebihnya silahkan bereksperimen sendiri. Perhatikan lah code dibawah ini :


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
	<title>Belajar Javascript</title>
</head>
<body>
</body>
<script type="text/javascript">
	console.log("Akar 64 = " + Math.sqrt(64));
	console.log("Nilai 10 pangkat 5 = " + Math.pow(10,5));
	console.log("3.60 dibulatkan menjadi " + Math.round(3.60)); 
	console.log("4.50 dibulatkan menjadi " + Math.floor(4.50)); 
</script>
</html>

Hasilnya akan seperti dibawah ini :

Property Dan Method Objek Math Dalam JavaScript

Penutupan

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga kalian paham dengan apa yang sampaikan, Objek Math nantinya akan sangat berguna ketika kamu ingin membuat aplikasi yang menggunakan banyak perhitungannya dan lebih baik kamu mengerti dahulu mengenai ini.

Semoga Bermanfaat!

 

 

 

 

Content Creator, Web Developer

Posting Komentar

© BelajarwithIB. All rights reserved. Developed by Jago Desain