Mending Rakit PC Atau Beli Laptop

Akhir-akhir ini banyak sekali yang bertanya tentang spesifikasi laptop atau pc untuk keperluan ngoding atau ngegame, namun banyak yang menjawab "Mendi

Mending Rakit PC Atau Beli Laptop

Mending Rakit PC Atau Beli Laptop?

Mending Rakit PC Atau Beli Laptop? - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming. Buat yang bingung antara rakit PC atau Beli Laptop untuk Ngoding atau kebutuhan lainnya mungkin artikel ini akan membantu anda agar kamu tidak bingung lagi dengan Mending Rakit PC Atau Beli Laptop.

Akhir-akhir ini banyak sekali yang bertanya tentang spesifikasi laptop atau pc untuk keperluan ngoding atau ngegame, namun banyak yang menjawab "Mending Rakit PC" emang sih rakit pc itu lebih enak namun sebelum merakit pc perhatikan dulu kebutuhan mu.

Mungkin saya akan memberi tau apa saja kelebihan dan kekurangan Rakit PC atau Beli Laptop.

Kelebihan Dan Kekurangan Rakit PC

Kita harus memperhatikan hal ini terlebih dahulu lalu kita akan bandingkan dengan kelebihan dan kekurangan Beli Laptop

Kelebihan Rakit PC

1. Performa Lebih Kuat Daripada Laptop

Kelebihan pertama dari rakit pc adalah performa, Lah mengapa? karena meski spesifikasi prosesornya sama dengan laptop, namun ukuran prosesor pada PC lebih besar sehingga memiliki performa yang lebih kuat.

2. Harga Jauh Lebih Minim

Ini lah mengapa kebanyakan orang lebih menyarankan kenapa harus merakit pc ya karena harganya lebih minim, misalnya kamu punya uang 5jt namun kamu memerlukan spesifikasi yang lumayan gahar kalau kamu beli laptop dengan harga segitu sepertinya sih kurang gahar menurut saya (Laptop saya harga 3,5jt) namun kalau kamu rakit pc kamu akan mendapatkan performa yang lebih kuat dibandingkan dengan laptop.

3. Bisa Upgrade Hardware Atau Menganti Komponen

Enaknya punya pc ya gini, kalau prosessornya uda ketinggalan jaman tinggal pesan atau beli aja ditoko online lalu tinggal ganti sendiri juga bisa, berbeda dengan laptop karena laptop itu tidak bisa diganti kompenennya (biasanya) paling tidak ya upgrade RAM itupun kok ada slotnya atau Upgrade Hardisk.

4. Umur Lebih Lama 

Sebenernya sih laptop kalau diurus dan dirawat pun umurnya juga akan lebih lama, namun kalau PC seperti yang saya ketik diatas tadi kalau komponen sudah dirasa ketinggalan jaman ya tinggal upgrade aja.

Kekurangan Rakit PC

1. Tidak Bisa Dibawa Kemana-mana

Kalau kamu punya pc ya harus dirumah aja karena pc butuh arus listrik yang lebih besar daripada laptop dan pc tidak punya batre, bisa saja kamu bawa pc kamu kemana-mana namun ya kamu harus menyiapkan tempat pribadi untuk CPU, Monitor, Keyboard dan Mouse berbeda dengan laptop kamu hanya memasukannya saja kedalam tas saja sudah aman.

2. Boros Listrik

Mungkin kamu sudah tahu lah kalau PC itu lebih boros daripada laptop dan sebelum kamu merakit pc pastikan WAT listrik dirumah mu sesuai dengan PC kamu kalau PC kamu lebih besar mengkonsumsi listrik kemungkinan meteran listrik kamu akan Nembak Sendiri atau Mati sendiri.

3. Kurang Praktis Dan Ribet

Loh? Kok kurang praktis? dan ribet darimana? gini ya teman-teman ku semuanya menurut saya PC itu ribet banget karena dalam penggunaanya karena kamu harus menghubungkan berbagai macam komponen, seperti monitor, CPU, mouse, dan keybord sebelum menggunakan komputer tersebut. Bukan hanya itu kamu juga harus memerlukan tempat yang lebar untuk menempatkan pc kamu misalnya kamar kamu kecil ya.

Kelebihan Dan Kekurangan Beli Laptop

Nah itu tadi kelebihan dan kekurangan dari rakit pc, sekarang saya juga akan memberitahu kelebihan dan kekurangan laptop.

Kelebihan Laptop

1. Bisa Dibawa Kemana-mana

Inilah keunggulan dari laptop, karena laptop itu portable jadi dia biasa dibawa kemana-mana apalagi buat kamu yang suka kerja dicafe atau diluar rumah lebih saya sarankan untuk membeli laptop.

2. Hemat Arus Listrik

Laptop dilengkapi dengan baterai yang bisa tahan 4-6 jam. Kamu bisa memainkan laptop diluar tanpa memikirkan dimana ada colokan listrik untuk menghidupkan laptop kamu (kalau batrenya rusak ya harus pakai colokan listrik seperti laptop saya hahaha).

3. Praktis Dan Tidak Terlalu Ribet

Kita membeli laptop otomatis kita akan mendapat 1 set laptop plus komponennya tanpa harus dirakit terlebih dahulu, emang sih aja juga CPU PC yang beli tanpa harus rakit rakit lagi Dan Hanya dengan menekan tombol power kamu sudah dapat langsung menggunakan laptop tersebut.

Kekurangan Laptop

1. Harga Lebih Mahal

Kadang laptop gaming yang spek nya setera dengan CPU rakit, harga laptoplah yang lebih mahal padahal speknya sama saja.

2. Tidak Bisa Upgrade Komponen Sembarangan

Ada yang bisa ada juga yang tidak bisa, namun kalaupun bisa itupun hanya bisa mengUpgrade RAM atau Hardisk saja karena komponen yang lain sudah nyatu kemotherboard kalau rusak antara beli baru atau ganti ganti mobo(kokbisa).

3. Biaya Servis Yang Mahal

Kalau laptop kamu rusak ntah itu mati sendiri atau batrenya rusak pasti kamu akan menserviskan laptopmu ke tukang servis laptop dan harganya terbilang cukup mahal misalnya baterai kamu rusak maka kamu harus membeli baterai yang sesuai dan original biasanya harganya 400-500 ribu itupun kalau persediannya ada dan misalnya juga operasi sistem kamu error dan butuh instal ulang biasanya kamu akan dikenakan harga 100 ribu itupun kadang tidak ikut dengan aplikasinya dan data-data didalam laptop akan hilang.

Mending Rakit PC Atau Beli Laptop? Jadi Pilih Mana?

Semuanya kembali kepada Kebutuhan Masing-Masing , karena kalau kamu pengen kerja diluar atau lebih banyak kerja diluar rumah maka kamu membutuhkan laptop namun kalau kamu emangnya suka kerja dirumah atau ga berpindah-pindah maka kamu lebih bagus menggunakan PC. 

Penggunaan Jangka Panjang jadi gini kita akan berpikir tentang penggunaan jangka panjang, pasti kamu tidak akan mau jika laptop kamu hanya tahan sampai 5 bulan atau 3 bulan saja. karena gak semua kita punya uang untuk asik memperbaiki itu itu saja (kecuali sultan beda cerita).

Misalnya kamu membeli laptop lalu kamu menggunakan nya tidak terawat maka laptop tersebut akan cepat rusak, berbeda dengan PC kalau rusak hanya cari aja kerusakan nya dimana lalu beli komponen misalnya perlu diganti.

Penutupan

Lagi-lagi saya berkata Tergantung Kebutuhan Masing-Masing, Namun kalau kamu punya PC dan Juga Laptop ya bagus lah itu. Semoga kamu tidak kebingunan dengan kebutuhannya mu sendiri nanti kamu akan nyesel karena tidak sesuai dengan kebutuhanmu sendiri.

Semoga Bermanfaat!!!