Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak

Sebagian dari kalian pasti belajar coding secara otodidak apalagi dipandemi seperti ini yang membuat belajar disekolah diliburkan dan guru hanya membe
Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak

Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak

Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak - Hallo guys ya selamat datang kembali di blog saya belajarwithib.my.id yang membahas seputar web programming. Kebingungan kamu ketika belajar otodidak dan merasa belajar otodidak itu sangat sulit, nah maka dari itu saya membuat Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak.

Sebagian dari kalian pasti belajar coding secara otodidak apalagi dipandemi seperti ini yang membuat belajar disekolah diliburkan dan guru hanya memberikan tugas saja secara online lalu kalian kerjakan dengan materi yang pas-pas an dan mau gak mau kamu harus belajar sendiri melalui google ataupun youtube.

Masalahnya bagi yang baru-baru saja memulai dan disekolahnya tidak diajarkan coding seperti ini akan bingung untuk belajar mulai darimana dan bagaimana cara belajar otodidak yang paling efektif. Sebenarnya bukan efektif sih namun saran saya sesuai dari pengalaman saya belajar coding saja karena saya 3 tahun belajar sendiri dan alur belajarnya terbilang sangat berantakan cuman bermodalkan niat saja.

Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak

1. Belajar Bahasa Inggris

Nah inilah hal yang pertama kali kamu harus pelajari. Lah mengapa? Karena bahasa pemprograman itu kebanyakan code program itu menggunakan bahasa inggris. Sehingga kamu harus memahami mengenai bahasa inggris ini.

Bukan hanya itu, Ketika kamu membaca dokumentasi dari bahasa pemprograman itu rata-rata menggunakan bahasa inggris teman-temanku semuanya dikarenakan dokumentasi ini sangat mempermudahkan kita atau memberikan kita sebuah pentunjuk bagaimana cara membuat sesuatu yang bisa dikerjakan dibahasa pemprograman itu sendiri. 

Sebenarnya bisa saja kamu menggunakan google translate namun apasalahnya kamu juga belajar bahasa inggris karena didunia pekerjaan nanti itulah nilai plusmu ketika kamu pandai berbahasa inggris.

2. Buatlah Rencana Project  Untuk Latihan 

Ketika kamu belajar coding kamu harus tau juga untuk apa kamu belajar coding ini. Misalnya kamu belajar coding agar pandai membuat aplikasi atau web yang berguna untuk orang banyak atau untuk kamu jual. Karena belajar tanpa adanya tujuan itu sama saja persiapan tapi persiapan yang kamu sendiri tidak tahu untuk apa.

Atau jika kamu masih awal-awalan saya sarankan sih untuk membuat mini project terlebih agar kamu nantinya terbiasa dengan syntax – syntax dari bahasa pemprograman yang kamu pelajari itu. Misalnya kamu membuat generator CRUD atau membuat halaman web dimanis dll.

3. Pahami Konsep Dasar Bahasa Pemprograman

Setiap bahasa pemprogram tentu saja berbeda-beda syntax nya dan konsepnya pun terkadang juga berbeda jadi ketika kamu belajar bahasa pemprograman hal yang pertama kali kamu pelajari ya konsep dasar bahasa pemprograman itu sendiri, jika kamu sudah tahu konsep dasarnya nantinya kamu akan jauh lebih mudah untuk mempelajari pelajaran lanjutannya.

4. Buatlah Aplikasi Yang Belum Pernah Dibuat

Setiap aplikasi saya rasa berbeda-beda logika pembuatannya jadi ketika kamu belajar membuat aplikasi yang belum sama sekali kamu buat otomatis kamu akan banyak belajar dari membuat aplikasi itu. Contoh kamu ingin membuat toko online dan semua rancangannya sudah kamu buat langsung terjun saja membuatnya nanti disitu kamu akan belajar membuat cekout harga dengan realtime atau membuat cek ongkir menggunakan raja ongkir dll.

Namun biasanya saya membuat 2 aplikasi serupa agar nantinya saya lebih paham alur dan proses pembuatan aplikasi tersebut.

5. Ikuti Course Online Atau Pelatihan Online

Terkadang dalam belajar coding secara otodidak gini rasanya pengen punya mentor yang mengarahkan kemana alur belajar kita seharusnya. Dan dari pelatihan online gini kamu juga akan memndapatkan ilmu baru dari para senior yang sama sekali kamu belum pelajari.

Biasa pelatihan online atau Course online gitu kadang fokus dengan studi kasus atau dasar dasarnya saja. Nah dari studi kasus itu kamu akan belajar hal baru memahami logika pembuatan  aplikasi versi senior.

6. Perbanyak Circle Dan Cari Teman Seperjuangan

Saran saya yang terahir adalah berbanyak circle mau itu dissocial media  atau disekitaran rumah juga tidak masalah karena dengan memperbanyak circle kita akan bertukar ilmu dengan mereka dan kadang pula ia akan memberikan mu motivasi agar kamu semangat untuk kembali belajar.

Kadang saya merasa iri melihat seumuran dengan saya namun sudah membuat aplikasi yang sangat bagus dari situ saya jadi mangkin semangat lagi untuk bisa melombai dia jadi ada titik trigged kita untuk kembali semangat belajar.

Tiada henti untuk belajar coding ini karena teknologi selalu update dan agar tidak ilmunya ketinggalan jaman kamu harus terus update dan belajar ilmu-ilmu baru agar kamu selalu up to date.

Penutupan

Oke itulah Tips Jitu Belajar Coding Secara Otodidak dari saya dan saya sekarang sudah menjalani semua tips tersebut dan bagusnya pola belajar saya jadi lebih terarah tidak nyasar-nyasar lagi.

Semoga Bermanfaat!!